Friday, April 8, 2011

Seandainya aku diPHK....

Hi everyone, hows ur day?
Udah gimana soal kartu kreditnya?? udah ada kemajuan tak? Kita lanjut ya..

bbrp tahun lalu, pernah ikut "Rich Game" waktu ambil kelas RFA di IARFC. Udah agak lama jadi lupa-lupa inget detailnya ;)
Permainannya kayak monopoli sebenarnya (@aidilakbar) Cuma diset lebih ke financial condition. Tiap kotak diisi hal-hal yang berhubungan dengan keuangan. Seperti beli instrumen investasi (emas,reksadana,saham dll), asuransi, trus kondisi pasar yang gak menentu, keluarga lagi sakit etc. Ada juga kotak yang isinya dapat bonus dari kantor, malah ada yang dapat undian yang nilainya beessarrrr...
Awalnya, tiap orang (4 org pemain) dapet modal yang sama. Setiap kita berhenti di satu kotak, ada keputusan yang harus kita ambil: keluarin uang atau simpan uang. Kalau keluarin uang, berapa nominal yang kita keluarin? nah loh, mulai deh.
Pastinya, setiap keputusan yang kita ambil sekarang sangat berpengaruh sama apa yang kita dapat di depan. Dan kita gak tau akan berhenti di kotak yang mana.


Nahh.. ada kotak-kotak yang kita ga pengen berhenti disitu, mungkin kotak yang ada keluarga sakit, trus kendaraan rusak, sampe ada kotak kita diberhentikan dari perusahaan :( (inget krisis 2008 Citigroup)
But still, tiap hari harus makan, tagihan listrik/telp/air harus dibayar, cicilan KPR harus dibayar. Trus gimana bisa bayar kalau udah ga punya income lagi ya. Akhirnya di game tersebut, mau gak mau kita jual asset(kalau ada), ngutang bank de es te :((

Game ini sebenarnya sangat menggambarkan keuangan kita ya. Dan karena itulahhh kenapa DANA DARURAT itu penting. Harus ada dana yang memang disiapkan khusus untuk keadaan darurat. Kalau ditanya berapa sih jumlah yang harus kita punya sebagai dana darurat?
Nominalnya tergantung kebutuhan kita. Idealnya untuk single yang tidak menanggung ortu ato org lain, punya dana darurat min 3x gaji/kebutuhan bulanan. Trus buat couple with no kids bisa 6x. Trus kalo udah punya anak berapa dunks? Yakk..kudu punya 9-12x gaji/kebutuhan bulanan.

Nah..kalau uda punya dana darurat baru deh kita dengan aman sentausa bisa bikin macem2 rencana ke depan soal keuangan kita.

Masalahnya, kalo belum punya dana darurat sama sekalig gimana dunks? Ga boleh invest bt danapendidikan,liburan, naik haji, beli gadget dll gitu? Ga juga sih, dana darurat boleh dicicil kok nabungnya. Tapi komit ga boleh diambil2 yaaa :) trus rutin tiap bulan yaaa:)

Selamat menikmati hari-hari indah ke depannn #duhh

Untuk Indonesia Kuat :))

No comments:

Post a Comment