Tuesday, June 8, 2010

Insurance..Is it really necessary??

Minggu ini, gw didatengin nsbh yang komplain soal proses pembatalan asuransinya yang ribet. Beliau adalah nsbh tabungan di tempat gw. Beberapa bulan yang lalu menurut beliau, oleh pihak telesales dari Asuransi tertentu (tanpa menyebutkan merk) dia ditawarkan asuransi jiwa. Entah kenapa, nsbh gw ini setuju untuk beli prosuk asuransi ini, dan setuju untuk membayar premi tiap bulannya melalui autodebet dari kartu kredit tempat gw juga. Intinya, nsbh gw ini sebenarnya loyal sama produk2 yang ditawarkan oleh bank gw kerja.
3 minggu yg lalu, nsbh ini datang ke gw dan meminta untuk dibantu proses pembatalannya asuransi yang sudah berjalan beberapa bulan tersebut. Percakapan yang terjadi kurang lebih seperti ini:
Nsbh : Mb, saya mau batalin asuransi saya
Gw : Asuransinya apa pak
Nsbh : kemaren itu saya pernah ditawarin via telp. Saya lupa itu namanya apa
Gw : *???*
Nsbh : Asuransinya kayak jiwa gitu, tapi kecelakaan juga. Ga tau deh mb, saya juga ga terlalu ngerti waktu itu, soalnya by telp jadi jelasinnya jg ga jelas. Ya saya iyain aja, debetnya dari kartu kredit saya nih. Cuma krn saya suka lupa bayarnya jadinya telat gitu tiap bulan mpe ditagihin segala lagi. Jadi kena bunga ma denda deh kartu kredit saya.
Gw : Baik pak, silahkan isi form pembatalan. Nt sy teruskan ke pihak asuransinya.
Nsbh : iya, jadi bulan dpn, saya ga ada lagi tagihan buat preminya
Gw : baik pak
Sedikit obrolan kecil waktu itu, diselang saat proses pengisian formulir.
Gw : Bp kenapa waktu itu mw ambil asuransinya
Nsbh : *rada bingung* yaa..soalnya di telponin terus mb
Gw : Ogt, tapi tau waktu itu benefitnya apa aja?
Nsbh : *msh bingung* yaa.. pokonya dicover kalau kecelakaan gt, saya juga kurang jelas
Gw :OYAAA?(dalam hati sih kagetnya) UPnya berapa pak?
Nsbh : *makin bingung* ga tau mb, makanya saya tutup
Abis itu gw jadi kasihan sm Bp ini. Beli produk apapun itu kita wajib tau lagi yg kita beli itu apa, benefitnya apa, cocok ga ma kebutuhan. Kalau mw bilang itu produk asuransi ya harus tau itu asuransi apa, manfaatnya apa/berapa/dimana, trus kalau ada asuransi jiwanya UPnya berapa, kalau tidak diklaim preminya hangus atau ga, proses klaim gmn, proses tutup gmn, kalau ga mampu byr premi gmn de el el.
Waktu itu gw ga bilang gitu sih ke Bp ini, secara dia juga org bank sebelah gitu. Cm ga jaminan jg sih org bank melek asuransi/investasi. Contohnya ya Bp ini.

Naaaa…abis itu gw langsung terusin dong ke asuransinya. Tapi entah apa yang terjadi pada dirinya, tau2 dia komplain berat ke gw minggu ini. Katanya dia masih ada tagihan premi di kartu kreditnya, dan itu tanggal posting transaksinya sdh berjalan 1 mgu setelah permohonan pembatalannya diajukan. Dia bilang sudah di telp pihak asuransi mengenai pembatalan asuransinya. Ga tau omongannya gmn (mnrt dia sih phk asuransi konfirmasi bhw asuransinya sdh ditutup), cm si Bp ini diminta mengembalikan polsi asli ke pihak asuransi. Nsbh bilang dia ga mau, karena kalu dibalikin dia ga punya bukti kalau ada apa-apa (*deeenggg* katanya org bank kok lugu ya).
Akhirnya waktu dia lihat ada tagihan di Kartu kreditnya dia balik telp pihak asuransi, dan Bp ini kembali diminta untuk mengembalikan polis aslinya. Dia tetep ga mau. Dan dia pikir penyelesainnya mungkin bisa dari pihak kartu kredit, maka dia minta untuk kartu kreditnya ditutup. Dia mw lunasin tagihan tapi kartu kreditnya harus ditutup.
Pihak kartu kredit tnyt tidak bisa memenuhi permintaan Bp ini, karena kartu kreditnya masih terpasang dgn asuransi. Artinya dia harus selesaikan dulu masalah penutupan asuransinya baru kemudian dia bisa menutup kartu kreditnya.
Ampyunnnn… Bp ini marah besar, gw masih inget dia emosi bgt smpe waktu ngomong bibirnya gemeter gt.

Intinya sebenarnya gw cm mw blg, asuransi tu perlu buat yang memang butuh. Masalahnya lu butuh ga? Mw itu asuransi jiwa, kesehatan, rumah, kendaraan etc, yukkk cek satu satu fiturnya. (Nominal) benefitnya harus match sama (nominal) kebutuhan lu. Jangan Cuma liat judul doang. Judulnya asuransi jiwa, lu tau gak UPnya berapa dan harusnya berapa sesuai dengan nilai ekonomis lu. Ato lets say asuransi kesehatan, lu tau ga yg dicover pnyktnya apa aja trus rwt inap/jalannya brp. Agen asuransi itu harus lu tanyain semua hal2 yg lu wajib tau. Mw ntar kita jadi beli asuransinya dia ato ga, ya itu terserah kita. Ga jadi tanggung jawab agen ntar kalau lu klaim asuransi ternyata manfaatnya ga seperti yg lu bayangkan. Tanggung jawab lu adalah lu kudu, wajib hukummnya tau asuransi yang lu beli itu kayak apa trus cocok ga ma kebutuhan lu.

Yukk temen2, duit yg kita dapetin tuh layak loh dikelola dgn baik. Tau ga, sebenarnya sadar ga sadar, setiap duit yg kita dapet tuh sebenarnya titipannya Tuhan biar kita kelola. Masalahnya kalau kita ga tau ngelolanya, nt “Yg Punya” minta pertanggung jawaban loh. ^_^


LOVE

Nola

No comments:

Post a Comment