Tuesday, April 5, 2011

Balada Kartu Kredit (Again)

Lagi rame soal kartu kredit ya skrg. Bukannya uda dari dulu gitu?? #eehh

Uda jadi rahasia umum, debt collector (khususnya kartu kredit) suka galaknya gazebo alias ga zelas bow

Sering denger gimana orang yang nunggak kartu kredit ditagih mpe ke rumahnya. Orang rumahnya diancem dll.

Kasian ya, kita yang ngutang malah orang lain yang diancem.

Kejadian yang barusan terjadi ttg nasabah KK Citibank itu mungkin bukan yang pertama kali. Maksud saya bukan pertama kali ada ruangan interogasi, bukan pertama kali ada ada debt collector yang ngomongnya (maaf ) kurang ajar, bukan pertama kali pula bank itu memiliki nasabah Kartu kredit yang nunggak. Tapi semoga ini yang terakhir kalinya ada korban meninggal dunia karena (katanya) diperlakukan kasar oleh debt collector.

Blog yang pernah saya posting sebelumnya tentang menjebakkan diri dalam kartu kredit, mungkin sedikit isi hati saya yang mencoba mengatakan kalau yang bikin kita terjebak dalam hutang kartu kredit itu adalah diri kita sendiri bukan banknya, bukan sale-nya, eventho kalau KK kita pake buat bayarin rumah sakit trus belakangan kita ga mampu bayar..ya ttp aja bukan karena rumahsakit-nya gitu loh. Atau bukan karena telemarketingnya gencar nelponin kita juga.

Semua yang berhubungan dengan uang kita, kita yang tau. Your money is your responsibility (@mrshananto)

Sekedar tips biar ga terjebak dalam hutang kartu kredit:

1. Buat list belanja dan komit ga akan beli barang selain di list

2. Inget, makan dulu mpe kenyang baru cuci mata di mall

3. Freeze your card (@oprah) kalau nyadar tagihan kamu sebelum2nya hanya kamu bayar min payment

4. Pastikan kalau punya uang (saldo tab or tunai) sebelum membayar belanja pake KK. KK hanya sebagai alat bayar, bukan tambahan uang cash. Noted!

5. Buat pos tersendiri untuk belanja, bkn budget khusus.

6. dll

Mungkin ada yang pernah nyoba nabung, ato deposito malah tapi utang kartu kreditnya ttp bayarnya min payment tiap bulan?

Ehmm, I tell y, bunga KK itu 3.25% loh per bulan. Catet ya per bulan. Bunga tab/deposito itu maks 7% per tahun (gross pula). Nah, sekarang bandingin aja, kalau kita nabung ato deposito perbulan bunganya jadi 7% dibagi 12 bulan=0.5% per bulan. Mau ngarepin bunganya bisa nombokin bunga KK gt? Sampe monas emasnya luntur juga ga masuk atuh itungannya -_-*

Sekedar saran, kl tmn2 dapet bonus, insentif or THR mungkin. Cek dulu tagihan KK-mu. Kl selama ini bayar minimum buat km ga masalah, mudah2an itung2an dikit di atas bisa masuk di akal. It will much better, lunasin tagihan KKmu pake duit bonus. Abis selesai utang KKnya, baru beres2 buat bikin financial goal berikutnya. Naahhh..gmn?gmn?

Sebenarnya masih banyak tips lain yang bisa kita sesuaikan dengan kepribadian kita. Kembali ke atas, Your money is your responsibility :)

No comments:

Post a Comment